Intip Kemegahan Kubah Terbesar Di Indonesia

Masjid Raya Al-Azham merupakan salah satu masjid di Indonesia yang bertempat di Kota Tangerang. Masjid megah ini diketahui memiliki kubah terbesar di Indonesia. Didirikan sejak tahun 2003 masjid memiliki lahan seluas 2,25 hektar dan sudah mempunyai daya tampung mencapai 15.000 jamaah. Tak heran dengan luas dan daya tampung sebanyak itu menjadikan masjid ini menjadi masjid terbesar di Kota Tangerang.

Sesuai dengan namanya yaitu Al-Azham, masjid ini mengambil nama asma Allah yaitu Al-Azhim yang berarti Paling Agung, Paling Raya, dan Paling Megah. Hal ini sangat dicerminkan dari pembangunan masjid yang sangat megah dan besar, terutama bentuk kubahnya.

Bentuk Kubah Masjid Al-Azham

Masjid Al-Azhom terkenal luas di kalangan umat muslim Indonesia sebab mempunyai kubah terbesar yang bertumpuk dan tersusun atas empat kubah atau kubah anak yang menjadi penopang dan terdapat satu kubah puncek dengan berhiaskan makara tingginya 5,3 meter sebagai landmark di wilayah tersebut.

Sejumlah sumber juga menyebutkan jika kubah masjid pada Al-Azhom ini berdiameter mencapai 63 meter sehingga banyak yang menilai bahwa kubah Masjid Raya Al-Azhom menjadi masjid dengan kubah terbesar di dunia.

Terdapat lima kubah pada masjid Al-Azhom yang melambangkan lima rukun Islam juga kewajiban untuk menunaikan shalat 5  waktu. Adapun hal yang menjadikan masjid besar ini istimewa yaitu kubah masjid Al-Azhom diketahui membentang sangat besar dan tidak terdapat penyangga.

Adapun empat buah menara yang menjadi pelengkap di bangunan masjid diketahui memiliki tinggi 55 meter dengan makna yaitu emat tiang ilmu yakni syariah, bahasa arab, sejarah dan filsafat dan diletakkan tepat sejajar terhadap titik temu kubah anak. empat menara yang dimaksud ini juga dimaknai sebagai empat syarat bagi umat muslim mendapatkan kehidupan bahagia yaitu aqidah, akhlak, ibadah dan syariah.

Nah, mungkin begitulah penjelasan dari kemegahan kubah masjid raya Al-Azhom yang menjadi masjid dengan kubah terbesar di Indonesia. Tidak hanya besar, masjid Al-Azhom ini juga memiliki kemegahan arsitektur yang membuat jamaah sangat nyaman beribadah di masjid tersebut.

Untuk Info berita terupdate kami, anda bisa kunjungin situs kami di bawah

 

https://hamdalahkubahkreasindo.com/